Pusat Informasi dan Tips Seputar Promo Riau

wisata sejarah istana siak

6 Destinasi Wisata Paling Banyak diKunjungi di Riau

6 Destinasi Wisata Paling Banyak di Kunjungi di Riau – Siapa yang tidak kenal Riau,salah satu provinsi di tengah pulau Sumatera. Provinsi yang terdapat di sepanjang pesisir selat Malaka ini memiliki sumberdaya alam yang kaya baik terkandung di atas maupun dibawah perut bumi berupa minyak bumi, gas,emas, hasik hutan dan perkebunan.  Riau juga menyimpan catatan sejarah yang panjang yang melahirkan stuktur kebudayan yang kental.

Tadak hayal Riau  memiliki memiliki banyak sekali tempat wisata,dari wisata pantai, wisata alam wisata religi dan banyak lagi lainya.  Berikut 6 distinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Riau.

1.Istana Siak Sri Indrapura

Istana siak Sri Indrapura di bangu pada tahun 1889M olen sultan syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Arsitektur bangunan utama Istana sendiri di adopsi dari arsitektur Eropa, Arab dan Melayu. Kini istana yang juga di juluki istana Matahari Timur ini, masuk administrasi pemerintahan Kabupaten Siak.

Komplek istana ini memiliki luas 32.000 meter persegi yang terdiri dari 4 istana yaitu istana Siak , Istana  Lima, Istana Pafjang, dan Istana Baroe. Istana Siak sendiri mimiliki luas 1000 meter persegi.

Bangunan Istana Siak terbagi jadi 2 lantai. Lantai satu dipakai untuk kegiatan pemerintahan kerajaan, dan lantai dua berfungsi untuk istirahat sultan serta para tamu istana.

2.Candi Muara Takus

Candi Muata Takus merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak di kunjungi di Kabupaten  Kampar, Profinsi Riau. Lokasinya  yang terletak di Desa Muara Takus , Kecamatan Koto Kampar XIII, candi ini merupakan candi Buddha yang merupakan satu-satunya peniggalan sejarah candi yang ada di Riau.

Situs candi Muara Takus dikeliling oleh tembok yang berukuran 74×74 meter, yang tebuat dari batu putih yanmg tingginya 80cm. diluar area candi juga terdapat tembok tanah tang berukuran 1,5×1,5 km, mengelilingi komplek ini sampai ke tepian sungai sungai Kampar Kanan. Didalam komplek terdapat beberapa candai di antaranya Candi Sulung/ Tua, Canda Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka

3. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Sesuai namanya air terjun ini mempunyai tujuh tingkat dan tujuh buah mata air terjun yang boisa di daki dengan memanjat lereng-lereng bukit. Air Terjun  Tujuh Tingkat ini berlokasi di Desa Lubhak Ambacang, Kecamatan Hulu  Kanan, Kebupaten Kuantan Singingi. Untuk menempuh kesana kita harus mengunakan perahu menyusuri sungai selama 15 menit terlebih dahulu.

Air terjun Tujuh Tungkat ini sungguh indah dan sangat menawan, Air terjun pertama akan langsung terlihat  dari dermaga pompom dan dapat di kunjungi dengan mudah. Air terjun ke dua, ketida , dan keempat juga mudah di tempuh menyusuri tangga beton  yang dibangun diantara tebing-tebing terjal di tambah rimbunan pohon-pohon besar nan asri.  Kita dapat menikmati air terjun mulai dari ketinggian  5 hingga 15 meter hingga kita dapat meniknati pemandangan alam na eksotis.

4.Air Terjun Guruh Gemurai

Ketinggian wisata  air terjun ini mencapai 20 meter, degan lintasa air yang cukup tinggi ini kita akan disuguhkan  dengan irama percikan air yang menakjupkan. Mata kita akan di manjakan  dengan pemandanga alam yang asri, yang akan sulut kita temui  dipermukinan perkotatan di Sumatera. Kawasan  yang sangat alami nan asri ini dan jernihnya air terjun  semakin meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung, terlebih pasa hari libur dan akhir pekan.

Akse untuk menempuh air terjun yang terletah di Desa Kasang , Kecamatan Kuantan Mudik ini juga tidak sulit , menjadikan objek wisata Air Terjun Guruh Gemurai banyak di gemari.

5.Objek Wisata Bono

Objek Wisata Bono sudah di kenal luas , tidak  hanya di kalangan dimestik tapi juga dikalangan turis internasional. Sungai yang berasak dari Kampar ini membuat para pengunjung terpukau, terutama pada musim-musim tertentu, sungai ini mempunyai ombak yang kuat, dan dapat mencapai ketinggian  rata-rata 4-6 meter.

Tidak jarang pemeritah setempat menjadikan lokasi ini tempat dilakdanakanya berbagai macam event  seperti lomba, lomba berenang, lomba berdayaung dan masih banyak lomba lainya.

6.Benteng Tujuh Lapis

Dikenal dengan ajaulukan Beteng Aur Duri, benteng ini merupakan kubu pertahanan terakhir perjuanagn dalu-dalu di bawah pimpinan Tuanku Tambusai “Harimau Paderi Dari Rokan” yang melawan sebuan kolonial Belanda.

Benteng yang terdapat di Desa Dalu-Dalu , kecamatan Tambusai yang berjarak 252km dari Kota Pekanbaru ini menjadi saksi bisu perjuangan  dan semangat patang menyerah dari anak negeri Tambusai.

Itualah 6  destinasi wisata yang paling banyak di kunjungi di Provinsi Riau yang berpenduduk mayoritas bersuku melayu ini.

(Visited 41 times, 1 visits today)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *