Pusat Informasi dan Tips Seputar Promo Riau

menjaga rupiah kita

Menjaga dan merawat Indonesia dengan cinta rupiah #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Rupiah merupakan bagian penting dari Indonesia, kehadirannya bukan hanya sekadar alat transaksi biasa. Rupiah merupakan simbol negara yang mengandung banyak arti. Dari setiap lembar dan keping rupiah ada tanda penghormatan terhadap pahlawan, ciri khas indonesia beserta adat dan budaya yang sudah lama menjadi landasan berfikir dan berperilaku rakyat Indonesia. Beragamnya kebudayaan di setiap lembar rupiah menggambarkan betapa kaya negeri ini dengan perbedaan yang justru menjadi sumber persatuan.

Perbedaan kebudayaan yang hidup bersama dan mewarnai Indonesia terlihat dari ornamen Rupiah. Menjadikan rupiah bukan hanya sekadar berfungsi sebagai mata uang resmi namun juga bagian sangat penting dari kedaulatan Indonesia.

Sebagai warga negara yang hidup di Indonesia, mencari nafkah di Indonesia, bertransaksi, menikmati segala fasilitas negara serta mendapatkan perlindungan dan rasa aman dari negara kita wajib menggunakan Rupiah. Kewajiban penggunaan Rupiah telah diatur dalam UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Di dalam Pasal 23 ayat (1) diatur bahwa rupiah menjadi alat pembayaran atau penyelesaian kewajiban dalam transaksi keuangan di dalam negeri. Brdasarkan peraturan tersebut Bank Indonesia mewajibkan masyarakat untuk menggunakan mata uang rupiah dalam setiap transaksi di Indonesia. Sebagaimana dicantumkan dalam konsideran Peraturan BI No. 17/3/PBI/2015. Di dalam ketentuan umum, kewajiban penggunaan rupiah menganut azas teritorial, selama ada di wilayah NKRI wajib menggunakan rupiah.

Transaksi dan pembayaran, wajib menggunakan rupiah. Pengaturan tersebut juga berlaku untuk para ekspatriat atau orang asing yang bekerja di Indonesia. Gaji para pekerja asing ini termasuk transaksinya wajib dibayar menggunakan rupiah.

Sudah sangat jelas bahwa penggunaan rupiah memang suatu kewajiban warga negara Indonesia karena akan turut mendukung kestabilan perekonomian negara. Presiden Jokowi juga sering menghimbau masyarakat untuk cinta terhadap Rupiah. Tidak memandang Rupiah hanya sebatas kertas dengan nominal yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan membayar apa yang dibutuhkan. Lihatlah Rupiah sebagai wujud dari Indonesia, sehingga muncul rasa hormat dan menyayangi rupiah. Menjaga dan merawat Rupiah sama juga dengan menjaga dan merawat Indonesia.

 

foto wikimedia

(Visited 49 times, 1 visits today)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *